Kemoterapi


Obat  kemoterapi ( sitotastika ) adalah sejenis obat yang membunuh sel – sel kanker yang ada didalam aliran darah dan  diberikan kepada pasein yang menderita penyakit kanker.

KAPAN OBAT KEMOTERAPI DIBERIKAN ?

Obat kemoterapi diberikan bervariasi, setiap pasien mempunyai waktu pemberian yang berbeda-beda tergantung dari jenis obat yang diberikan dan kondisi penyakit yang diderita. Pada umumnya obat kemoterapi ada yang diberikan setiap hari selama satu minggu atau pemberian dengan siklus 21 hari sebanyak 6 kali pemberian, dan untuk keamanan penggunaan obat kemoterapi disediakan oleh APOTEK RSIS.

BAGAIMANA PERAWATAN PASIEN PASCA KEMOTERAPI?

-            Makan makanan bergizi tinggi kalori dan tinggi protein

-            Banyak makan buah dan sayuran

-            Banyak minum air putih

-            Sampai dengan 48 jam setelah pemberian kemoterapi, siram dengan bersih sisa kotoran di kloset setiap setelah buang air besar dan buang air bersih.

PELAYANAN KEMOTERAPI RSIS

Obat kemoterapi hanya diberikan di rumah sakit dengan perawat yang telah terlatih atau mendapatkan pelatihan khusus serta farmasi yang juga telah mendapatkan pelatihan khusus dan di RSIS kemoterapi dilaksanakan oleh tenaga terlatih dibawah tanggung jawab dokter spesialis Onkologi  Medik.