Penunjang Medis



1. Farmasi / Apotek (24 jam)

farmasiInstalasi yang memberikan pelayanan kebutuhan obat pasien dan masyarakat umum untuk rawat jalan dan rawatinap yang terstandar dan terjamin keasliannya. Pelayanan farmasi dibukaselama 24 jam, yang dilayani oleh apoteker dan asisten apoteker berpengalaman dalam melayani kebutuhan obat pasien.

 

 

 

 

 

 

 

2. Pemeriksaan Laboratorium (24 jam)

 

 laborat 2

         

 

 

 

 

 

 

 

 

          -   PatologiKlinik             

          -   PatologiAnatomi

          -   MikrobiologiKlinik

          -   LaboratoriumDiagnostik        

          -   Pemeriksaan Narkoba

          -   Pemeriksaan HIV/AIDS

          -   Pemeriksaan Pap’s Smear

          -   Pemeriksaan TORCH

          -   General Check Up

  • Umum
  • Calon Karyawan/Siswa/Mahasiswa
  • Calon TKI ke Luar Negeri (Rekomendasi Depkes RI)
  • Bebas Narkoba
  • HIV / AIDS

- Instalasi laboratorium merupakan bagian penunjang yang sangat penting untuk menunjang pengobatan dan menentukan diagnosis pasien. Pelayanan laboratorium dikerjakan oleh SDM  RSIS setiap hari selama 24 jam.

laborat

- LayananInstalasiLaboratorium :

  1. Laboratorium PatologiKlinik
  2. Laboratorium MikrobiologiKlinik
  3. Laboratorium PatologiAnatomi (PA)
  4. Laboratorium PatologiKlinik

Fasilitas Pelayanan :

  1. Dilengkapi alat untuk pemeriksaan full auto analyzer baik Hemotologi, Kimia Klinik, Imunologi, dan Urinalisa.
  2. Menggunakan LIS (Laboratory Information System) untuk pembuatan hasil yang tepat, cepat dan akurat.
  3. Laboratorium Mikrobiologi Klinik

Melayani pemeriksaan :

  1. Kultur dan Resistensi test
  2. Pewarnaan Gram
  3. Pewarnaan BTA
  4. Pemeriksaan GO
  5. Pemeriksaan Jamur / Candida
  6. Pemeriksaan Tricomonas
  7. Laboratorium PatalogiAnatomi

Melayani pemeriksaan :

  1. Histopatologi
  2. Sitologi
  3. FNAB / AJH
  4. PAP Smear

-       Tatacara Puasa Sebelum Pemeriksaan Laboratorium

  1. Puasa sebaiknya dilakukan selama 12 jam sebelum pemeriksaan laboratorium
  2. Selama puasa tidak diperkenankan makan atau minum, kecuali minum air putih tanpa gula
  3. Dianjurkan minum air putih tanpa gula terutama bila akan dilakukan pemeriksaan yang memerlukan sampel urine, minuman lain seperti the dan kopi tidak diperkenankan
  4. Merokok dan makan permen agar dihindari, karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan
  5. Jangan berpuasa lebih dari 14 jam
  6. Diagnostic Center (24 jam)

Diagnostic Center RSIS merupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan hasil pemeriksaan berupa foto / gambar/ imejing untuk membantu dokter yang merawat Pasien dalam penegakan diagnosis.

Diagnostic Center RSIS berada dibawah penanganan para dokter ahli dan teknisi yang berpengalaman, memiliki sarana lengkap yang mampu menunjang kebutuhan diagnostic seluruh bidang spesialistis, berikut berbagai alat berteknologi mutakhir yang kami miliki :

-  Rontgen Mobile kontras dan non kontras

-  Ultrasonography (USG)

-  Electro EnchepaloGraphy (EEG)

-  MRI ( Magnetic Resonance Imaging)

-  CT Scan 64 &16 Slice

-  USG 4 Dimensi

 

 3. Hemodialisa/Cuci Darah 10 alat HD

hdHemodialisa merupakan tindakan dengan tujuan mengeluarkan sisa metabolisme atau koreksi elektrolit darah serta cairan tubuh  melalui proses pertukaran antara bahan yang ada dalam darah dan dialisat melewati membran semipermiabel di dalam ginjal buatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Fisioterapi

fisPelayanan kesehatan bagi setiap orang yang bermanfaat untuk memulihkan, memelihara fungsi dan gerak tubuh .Selain mengurangi keluhan rasa sakit pada pasien, terdapat peralatan penunjang fisioterapi yang digunakan untuk relaksasi misalnya untuk menghilangkan rasa pegal-pegal dan tegang pada otot-otot tubuh.Berikut layanan fisioterapi RSIS :

-          Tumbuh Kembang dan Deteksi Dini

-          Kasus Rematologi dan Syaraf

-          Cedera Olahraga

-          Peningkatan Kebugaran

-          Alat Bantu Kecacatan

-          Treadmill

 

 

5. Instalasi Gizi

giziMerupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan pelayanan gizi di rumah sakit, untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien baik rawat inap maupun rawat jalan. Untuk keperluan metabolisme tubuh dan peningkatan kesehatan dalam rangka upaya preventif, kuratif, rehabilitasi dan promotif. Instalasi Gizi juga melayani pemesanan makanan / catering bagi masyarakat yang menginginkan menu makanan khusus penyakit tertentu.

 

 

 

 

 

 6. Perawatan Jenazah

jenasahLayanan perawatan jenazah RSIS melayani perawatan jenazah dalam waktu 24 jam. Dikerjakan oleh tenaga ahli, perawatan jenazah dilakukan sesuai dengan standar medis dan profesional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Perawatan Perinatal

perinatalPerawatan Perinatologi merupakan salah satu bagian dari IImu Kesehatan Anak yang memberikan pelayanan kesehatan bagi semua bayi baru lahir (usia 0-28 hari) terutama dengan risiko tinggi

 

 

 

 

 

 

 

8. Rehabilitasi Medik

Rehabilitasi Medik (Rehabilitation Medicine) atau Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (IKFR) merupakan bidang kedokteran spesialisasi yang berhubungan dengan diagnosis evaluasi dan pengobatan serta pengelolaan penderita dengan berbagai usia seperti kelainan (Impairment), kecacatan (Disability) serta Handicap fisik dan kognitif yang menggunakan pendekatan Holistik dan menyeluruh serta bertujuan tercapainya kemampuan fungsional yang maksimal, baikfisik, psikososial, sosial, okupasional dan vokasional.

9. Bank Darah

Suatu unit di rumah sakit yang merupakan bagian dari instalasi laboratorium yang menyelenggarakan pelayanan darah untuk memenuhi kebutuhan darah tranfusi bagi pasien yang dirawat di rumah sakit. Tugas Bank Darah adalah merencanakan kebutuhan darah rumah sakit, penyimpanan darah, melakukan pemeriksaan golongan darah dan crossmatch.

10. Pelayanan Konseling Terapi Obat

Konseling dijabarkan meliputi mendengarkan, bertanya, evaluasi, interpretasi, menjelaskan, memberikan informasi, memberikan nasehat dan merekomendasi.

Mengapa Pelayanan konseling terapi obat dibutuhkan ?

Berhasilnya suatu terapi untuk pasien ditentukan oleh diagnosa dokter, pemilihan obat yang tepat dan khususnya kepatuhan pasien untuk mengikuti terapi.

Kepatuhan pasien dalam menjalankan terapi dipengaruhi oleh persepsi tentang kesehatan, pengalaman pengobatan sendiri, pengalaman terapi sebelumnya, lingkungan (teman / keluarga), keadaan ekonomi, interaksi dengan tenaga kesehatan dll.

Tujuan Konseling :

-          Mengoptimalkanhasilterapiobat dan tujuanmedisdariterapiobatdapattercapai

-          Terjalin hubungan dengan pasien sehingga timbul kepercayaan

-          Membantu pasien dalam mencermati obat-obat yang digunakannya

-          Menunjukkanperhatianterhadappasien

-          Mencegahdanmengurangiefeksampingobat, toksisitas,resistensiantibiotikadanketidakpatuhanpasiendalamterapiobat.

Layanan Konseling Terapi Obat RSIS di Instalasi Farmasi RSIS

Pelayanan setiap hari kerja ( 08.00 – 13.00 WIB)

Penanggung jawab : Hj. Endah Kurniawati, S.Si., Apt

 

 

 11. Klinik Tumbuh Kembang

Anak adalah manusia yang tumbuh dan berkembang mulai dari dalam rahim hingga menjelang dewasa. Tahap pertumbuhan maupun perkembangan bila terganggu oleh kelainan bawaan maupun kelainan atau penyakit akan sedikit banyak mempengaruhi kualitas hidupnya.

Kegunaan Pemantauan di setiap tahap tumbuh kembang anak :

Deteksi dini tumbuh kembang sangat bermanfaat dalam mendiagnosa serta mengelola keterlambatan-keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan sehingga tidak jatuh dalam keadaan yang berat  dan kemungkinan untuk diperbaiki masih bisa diupayakan.

Anak harus pula dilindungi dari morbiditas (kesakitan ) dan mortalitas (kematian) karena penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dasar  maupun yang dianjurkan.

Layanan Klinik Tumbuh Kembang

Poliklinik Tumbuh Kembang RSIS melayanai pemeriksaan dan konsultasi tumbuh kembang anak. Orangtua dapat  membawa putra putrinya baik yang sehat maupun yang mempunyai masalah dengan pertumbuhan maupun perkembangannya untuk mendapatkan pelayanan-pelayanan, seperti :

Anthropometri (pengukuran berat badan, panjang badan, lingkar kepala,dll), Tes perkembangan, Imunisasi dasar yang dianjurkan, Konsultasi gizi, Konsultasi pertumbuhan dan perkembangan, Konsultasi laktasi (menyusui), Konsultasi perawatan bayi, Pijat bayi, dan lain-lain.

BUKA SETIAP HARI KECUALI HARI LIBUR di  Poli Rawat Jalan

Jam Pelayanan setiap hari kerja pukul 08.00 – 14.00 wib

Dokter Penanggung jawab  : dr. Hj. Lucy E. Savitri, SpA

13. Klinik Diit

Bagi anda yang memerlukan terapi diit untuk menunjang perawatan kesehatan, RSI Surakarta membuka layanan Terapi Diit bagi penderita suatu penyakit.

Terapi diit ini perlu dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi sesuai dengan jenis penyakitnya.

Di samping melayani konsultasi dan terapi diit, RSIS juga membuka layanan Catering Diit, di antaranya :

  1. Diit Rendah Asam Urat
  2. Diit Jantung
  3. Diit Diabetes Melitus ( Kencing Manis )
  4. Diit Rendah Kolesterol
  5. Diit Hati
  6. Diit Batu Ginjal
  7. Diit Rendah Kalori
  8. Diit Lambung

Layanan Klinik Diit dibuka untuk umum.

Untuk Konsultasi Gizi dan Pemesanan catering diit, di Instalasi Gizi RSIS pada hari kerja Pukul 08.00 – 13.00 WIB

 

Penanggung jawab klinik diit : Anita Safar Cahyani, AMG

13. Klinik Pijat Bayi

Penelitian menunjukkan bahwa bayi premature yang dipijat tumbuh lebih cepat dari pada yang tidak dipijat. Bayi yang dipijat secara teratur akan memiliki pencernaan yang lebih baik, sehingga akan cepat lapar. Jika bayi lapar maka bayi akan lebih sering menetek ibunya,  hal ini merangsang produksi ASI lebih banyak dan ASI merupakan gizi tinggi bagi bayi.

Pijat bayi merupakan terapi sentuhan, dapat dilakukan oleh orang tua bayi (ibu atau ayah), nenek, kakek atau siapa saja yang terlibat dalam pengasuhan bayi (setelah mendapatkan petunjuk dari fisioterapis). Secara psikologis sentuhan memberikan rasa aman dan nyaman yang besar bagi bayi apalagi ia dipijat oleh orang-orang yang mengasuhnya dalam suasana yang tenang dan menyenangkan.

Pelayanan Pijat Bayi di RSIS setiap hari kerja pukul 08.00 – 17.00 WIB

Hari Minggu / Libur dengan perjanjian

14. Trauma Center

Instalasi Gawat Darurat di RSIS selain sebagai instalasi yang menangani kasus-kasus kedaruratan non bedah juga melayani kedaruratan bedah yang cakupannya dalah penanganan kasus kecelakaan lalu lintas, Cidra kepala, patah tulang luka bakar dll. Pasien gawat darurat khususnya trauma  akan ditangani oleh dokter jaga  dan perawat yang telah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengatasi kegawatdaruratan dengan peralatan yang memadai.

Fasilitas fasilitas pelayanan di Trauma center / IGDRSIS :

-          Peralatan dan obat – obatan untuk resusitasi sesuai standar

-          Peralatan dan obat – obatan untuk stabilitas life support sesuai standar :

-          Bed side monitor lengkap

-          Bedah mInor

-          Defibrilator dengan monitor ECG

-          EKG.

-          Syring Pump

-          Alat Kejut jantung

-          Oksigen sentral

-          Fasilitas pendukung  dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat:

-           Instalasi Laboratorium lengkap

-          Instalasi Radiologi lengkap

-          CT- Scan 16 dan 64 Slice

-          USG 4 Dimensi

-          Farmasi 24 Jam

-          Ambulan 24 jam