Profil


Perkenankan Kami Memperkenalkan Diri

 

PROFILE RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA

    Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani Pabelan Kartasura Sukoharjo, yaitu jalur utama arah Solo Semarang, Solo Jogjakarta, dan Yogyakarta Surabaya.

     Rumah Sakit Islam Surakarta diresmikan operasionalnya pada tanggal 30 Juli 1983 oleh Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu yaitu H. M. Ismail,dan masuk dalam kelompok rumah sakit  tipe C Pratama. Sekarang, RSIS merupakan rumah sakit tipe B, dengan kelulusan akreditasi standar 16 pelayanan penuh. Selanjutnya, RSIS akan menempuh dan berusaha memenuhi akreditasi versi terbaru standar 15 pelayanan sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

    Rumah Sakit Islam Surakarta menyediakan berbagai fasilitas untuk perawatan kesehatan dengan dukungan teknologi kedokteran yang modern serta tim medis yang profesional dan memiliki keahlian dibidangnya.

Saat ini jumlah tenaga pelaksana disemua unit pelayanan berjumlah sebanyak 654 tenaga baik medis, para medis maupun non medis ditambah tenaga dokter spesialis seluruhnya sebanyak  98 orang dengan jumlah dokter spesialis fulltimer sebanyak 40 orang.

     Jumlah tempat tidur RSISuntuk pelayanan rawat inap sebanyak 208 tempat tidur, terdiri dari 32 tempat tidur di bangsal perawatan kelas 1, 59 tempat tidur di bangsal perawatan kelas 2, 42 tempat tidur di bangsal perawatan kelas 3, 32 tempat tidur di bangsal perawatan VIP B, 11 tempat tidur di bangsal perawatan kelas VIP A, 8 tempat tidur di bangsal perawatan Super VIP, 4 tempat tidur di bangsal perawatan President Suite, 10 tempat tidur di bangsal perawatan ICU/ICCU, 5 tempat tidur di bangsal perawatan IMC dan 5 tempat tidur di bangsal perawatan isolasi.

    Adapun pelayanan rawat jalan meliputi: Medical Check Up, Poliklinik Umum, Poli Spesialis, Poliklinik Kebidanan dan Kandungan, Keluarga Berencana, Poliklinik Anak, Poliklinik Gigi, Laboratorium, Pemeriksaan radiologi (USG, X-Ray, CT-Scan, MRI), Pelayanan Cuci Darah, Pelayanan Rehabilitasi Medis, Pelayanan Gawat Darurat (IGD) 24 jam dan Pelayanan Obat.

    Untuk menunjang kualitas pelayanan medis, RSIS melengkapinya dengan pegadaan alat-alat penunjang pelayanan kesehatan canggih, yaitu : CT Scan Single 64 Slice, CT Scan 16 Slice, C-Arm, Mini Cathlab,  Ureterorenoscopy (URS), MRI, Mobile X-Ray,  Convensional X-Ray, USG 4 Dimensi, Computer Radiography (CR), Laparascopy Bedah - Urologi dan Obgyn, Endoscopy, Gastrocopy, Colonoscopy, Bronchoscopy, EKG, EEG, Patient Monitor, Treadmill, alat PHACO untuk operasi katarak tanpa jahitan, kelengkapan alat pada EYE CENTER, kelengkapan alat pada instalasi laboratorium (diagnostik, mikrobilogi, patologi anatomi dan patologi klinik), cryo surgery, kelengkapan alat pada trauma center, kelengkapan alat pada layanan gigi dan mulut, 8 set alat hemodialisa, kelengkapan alat pada kamar operasi, poli kecantikan, kelengkapan alat pada tindakan emergency dan kelengkapan alat pada layanan poli-poli spesialis.

    Dengan kelengkapan sarana fisik, alat dan SDM pelaksananya, maka banyak prestasi yang telah diraih RSIS. Penghargaan demi penghargaan diraih oleh RSIS. Diantara banyak penghargaan tersebut adalah:

  1. Menjadi juara I pada lomba penampilan kerja RS swasta tingkat Jawa Tengah pada tahun 1993.
  2. Menjadi juara II pada lomba penampilan kerja RS swasta tingkat  Nasional tahun 1993.
  3. Menjadi juara II penampilan kerja RS swasta tingkat Nasional tahun 1997.
  4. Lulus akreditasi 5 pelayanan dari DEPKES RI pada tahun 1997.
  5. Lulus akreditasi 12 pelayanan dari DEPKES RI pada tahun 2002.
  6. Menerima 2 penghargaan dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) berupa PERSI AWARD tahun 2006 untuk kategori Peningkatan Mutu dan kategori Efisiensi dan Teknik Pengembangan Pelayanan.
  7. Pengakuan Internasional dengan telah dijalinnya kerjasama pelayanan dengan Amphia Hospital Belanda dalam bentuk kerjasama sister Hospital tahun 2007.  
  8. Lulus akreditasi dari the TEMOS International Network Jerman tahun 2008. Sehingga RSIS menjadi amember of of the international TEMOS Network yang berpusat di Cologne Jerman untuk melayani kesehatan turis mancanegara dan para ekspatriat.
  9. Mendapatkan penghargaan Solo Best Brand Indexdari Harian Umum Solopos untuk kategori pelayanan terbaik rumah sakit di wilayah Solo Raya tahun 2009.
  10. Kembali mendapatkan penghargaan Solo Best Brand Indexdari Harian Umum Solopos untuk kategori pelayanan terbaik rumah sakit di wilayah Solo Raya tahun 2010.
  11. Mendapatkan penghargaan Excellent Brand Award Solo Raya 2010, dalam survei kepuasan pelanggan yang diselenggarakan TATV Solo bekerjasama dengan RichMark dan SurveyOne Jakarta (lembaga survey independen) dalam kategori Brand Awareness, Trust, Corporate Social Responsibility (CSR) dan Brand Image.
  12. Lulus akreditasi 16 pelayanan dari DEPKES RI pada tahun 2010.
  13. Mendapatkan penghargaan Excellent Brand Award Solo Raya 2012 dari TATV Solo, dalam kategori Regional Concumer’s Choice Solo Raya.
  14. Mendapatkan penghargaan Service Excellence Award 2014 dari MarkPlus Jakarta untuk kategori General Hospital.
  15. Mendapatkan penghargaan Excellent Brand Award Solo Raya 2014 dari TATV Solo, dalam kategori Regional Concumer’s Choice Solo Raya.